Jumat, 23 Maret 2018

5 Kerusakan Umum yang Memerlukan Jasa Service Pompa Air



5 Kerusakan Umum yang Memerlukan Jasa Service Pompa Air

Meski sekarang sudah ada yang namanya PDAM, pompa air tetap menjadi barang penting dalam rumah tangga untuk melayani kebutuhan air bersih warga. Untuk itu, jangan ragu untuk memanggil jasa service pompa air bila mesin pompa air Anda rusak. Lalu, kerusakan apa saja yang paling umum terjadi pada mesin pompa air sehingga perlu menyervisnya?

1. Pompa Air Mati Total

Salah satu kerusakan yang paling sering terjadi pada mesin pompa air adalah mati total. Hal ini biasanya terjadi karena tidak ada aliran listrik yang masuk ke pompa air Anda. Sebenarnya, Anda bisa saja melakukan perbaikan sendiri dengan cara mengecek stop contak atau saklar untuk pompa air untuk mengetahui asal masalahnya.
Apakah ada di stop kontak tersebut ataukah di mesin Anda. Namun, bila Anda tidak paham seperti apa caranya dan takut membuat kerusakan menjadi lebih parah, ada baiknya Anda memanggil tukang servis pompa air saja agar aman.

2. Pompa Air Hidup dengan Suara Tidak Semestinya Kemudian Mati

Masalah yang satu ini juga umum terjadi untuk mesin pompa air. Mesinnya hidup namun bersuara aneh lalu mati seketika. Biasanya, suara yang dikeluarkan berupa dengungan namun as rotor tidak berputar. Bisa juga terjadi karena putaran as rotor lemah lalu mati. Jika hal ini terjadi, sebaiknya panggil saja jasa service pompa air terdekat untuk membantu Anda.

3. Pompa Air Hidup tetapi Air Tidak Mau Keluar

Kerusakan selanjutnya yang umum terjadi adalah pompa airnya hidup namun air tidak mau keluar. Kerusakan seperti ini kemungkinan besar terjadi karena foot klep di dasar pipa hisap bocor. Bisa juga karena karet foot klep sudah haus sehingga harus diganti yang baru. Hal lain yang menyebabkan ini terjadi juga bisa karena terganjal pasir atau tanah bagian foot klep-nya.

4. Pompa Air Lemah

Masalah berikutnya yang sering terjadi pada mesin pompa air adalah pompa air yang lemah. Biasanya, air akan keluar namun kecil. Ini sering terjadi pada pompa air yang menggunakan impeller dari bahan kuningan. Sisi-sisi dari impeller itu tergerus yang mengakibatkan adanya rongga yang besar antara tutup dan blog. Inilah yang menyebabkann sedotan air lemah.

5. Automatic Pompa Air Berbunyi

Lalu, automatic pompa air yang berbunyi. Masalah yang satu ini bila dibiarkan akan mengakibatkan pompa air sering hidup mati sendiri. Hal ini biasanya terjadi karena tekanan dalam pipa menurun akibat bocornya instalasi pipa ataupun kran yang menetes.

Nah, bagaimana? Sudah mengetahui apa saja masalah yang sering terjadi pada mesin pompa air dan membuat Anda memanggil jasa service pompa air? Memang, air sangat penting untuk kebutuhan Anda. Untuk itu, bila pompa air macet, Anda sendiri yang akan susah. Jadi, jangan ragu untuk menyervis pompa air Anda, ya!

0 komentar:

Posting Komentar